Rabu, 12 November 2008

MEMBENTUK SUATU KOMUNITAS DI ATAS INTERNET

Menyediakan 'tempat' untuk suatu Komunitas tertentu bisa menjadi fungsi / tujuan sebuah website , tapi ini tidak selalu berhasil prinsipnya tetap .. Jika pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari, mereka akan pergi , jadi jika user datang ke site itu , kemudian masuk ke chat room yang ada disana dan setelah beberapa kali visit tidak menemukan orang2 yang enak diajak ngomong, user kecil kemungkinan kembali lagi ke situ dan sebaliknya.
Ada beberapa Alternatif tools untuk membentuk komunitas dalam web site anda , antara lain Chat Room dan Mailing List.
Study kasus 1 , misalnya , Indoglobal , salah satu perusahaan web hosting di Indonesia, menyediakan bermacam mailing list untuk memenuhi kebutuhan komunitas pengguna web di Indonesia.
Beberapa kelebihan Mailing List, dibanding Chat Room :
Hemat bandwith
Pasive members yang tidak hadir masih dapat mengikuti ... still can be there.
tetapi Chat room juga mempunyai kelebihan, antara lain gaya Conversational , dialog , serta kesan Live.
Keuntungan Pembentukan Komunitas untuk Sebuah WebSite :
Focus Group / User Profiling
Loyal Customer Base
Free advertising
ini juga yang mengilhami site 2 seperti www.egroups.com dan www.onelist.com
To Influence Decissions yang diambil oleh anggota komunitas tersebut 

Tidak ada komentar: